ONLIMO, SENTUHAN TEKNOLOGI PADA PEMANTAUAN SUMBER DAYA AIR

Penulis

  • Ahmad Dany Sunandar Balai Penerapan Standardisasi Instrumen Lingkungan Hidup dan Kehutanan Aek Nauli
  • Wisnu Eka Yulyanto Balai Penerapan Standardisasi Instrumen Lingkungan Hidup dan Kehutanan Aek Nauli

Kata Kunci:

Sumberdaya air, pemantauan online, onlimo

Abstrak

Sumberdaya air perlu dikelola dengan baik sehingga optimal pemanfaatannya. Pengelolaan sumber daya air mencakup upaya perencanaan, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi penyelenggaraan konservasi sumber daya air, pendayagunaan sumber daya air dan pengendalian daya rusak air. Pemantauan kualitas air saat ini sudah dilakukan melalui pemantauan daring (Online Monitoring – Onlimo). Artikel ini akan mengulas pemanfaatan ONLIMO dalam pemantauan air secara daring.

Onlimo merupakan salah satu instrumen pemantauan kualitas sumberdaya air dengan beragam manfaat. Pemantauan melalui Onlimo tidak hanya untuk mitigasi pencemaran tapi juga dapat dimanfaatkan sebagai data penelitian. Selain itu, data pemantauan Onlimo dapat menjadi rujukan awal dalam melakukan tindakan bagi pihak yang melakukan pencemaran atau melakukan pencegahan yang diperlukan baik melalui kampanye atau penyuluhan.Tak kalah pentingnya adalah pelibatan Badan Standardisasi Instrumen LHK dalam hal verifikasi standar yang digunakan dalam validasi data Onlimo guna memastikan prosedur yang harusnya dilakukan pada Onlimo dijalankan dengan benar.

Diharapkan, keberaadan Onlimo sebagai alat pemantauan dalam pengelolaan sumberdaya air secara real time akan membantu para pihak yang berwenang dalam pengambilan keputusan secara cepat dan tepat terhadap pengendalian pencemaran dan upaya mitigasinya.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

31-05-2023

Cara Mengutip

Dany Sunandar , A., & Eka Yulyanto, W. (2023). ONLIMO, SENTUHAN TEKNOLOGI PADA PEMANTAUAN SUMBER DAYA AIR. STANDAR: Better Standard Better Living, 2(3), 51–55. Diambil dari https://majalah.bsilhk.menlhk.go.id/index.php/STANDAR/article/view/130