Membumikan Corporate University, Meningkatkan Standar Kompetensi ASN Kementerian LHK

Penulis

  • Kusdamayanti Kusdamayanti Pusat Diklat SDM Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Kata Kunci:

Kompetensi, ASN, Sumber Daya Manusia

Abstrak

Peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) memainkan peran krusial dalam memastikan kualitas lingkungan hidup dan pelestarian hutan. Dalam konteks pengelolaan hutan dan menjaga kualitas lingkungan hidup, penting untuk memastikan bahwa sumber daya manusia yang terlibat memiliki kapasitas yang cukup untuk menjalankan tugas dengan baik. Ini termasuk melibatkan sumber daya manusia dalam setiap organisasi melakukan kegiatan pengembangan kompetensi.

Demikian juga pengembangan kompetensi di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Organisasi teknis yang dimiliki KLHK sangat dinamis akibat dari tantangan lapangan yang juga berubah sangat cepat sehingga perlu selalu dilakukan pengembangan kompetensi yang berkelanjutan. Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Lingkungan Hidup Dan Kehutanan (BP2SDM) sebagai organisasi yang membidangi pengembangan sumber daya manusia harus mampu mengejar kecepatan perubahan yang dihadapi oleh setiap eselon satu teknis di KLHK. Harus mampu membekali SDM KLHK dengan standar kompetensi untuk dapat menjawab tantangan perubahan masing-masing satuan kerja.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

31-05-2023

Cara Mengutip

Kusdamayanti, K. (2023). Membumikan Corporate University, Meningkatkan Standar Kompetensi ASN Kementerian LHK. STANDAR: Better Standard Better Living, 2(3), 56–59. Diambil dari https://majalah.bsilhk.menlhk.go.id/index.php/STANDAR/article/view/135