DI BALIK LAYAR PERUMUSAN STANDAR NASIONAL INDONESIA (SNI) PEMANTAUAN KUALITAS UDARA BERBASIS PASSIVE SAMPLER

Penulis

  • Retno Lestari PSIKLH

Kata Kunci:

Perumusan, Pemantauan Kualitas Udara , passive sampler

Abstrak

Salah satu standar yang masuk dalam kategori PNPS mendesak pada tahun 2023 adalah SNI mengenai pengujian parameter nitrogen dioksida (NO2) dan sulfurdioksida (SO2) di udara ambien mengunakan metode passive sampler. Metode tersebut merupakan metode difusi yang digunakan sebagai metode alternatif dari metode aktif dalam rangka pemantauan kualitas udara ambien. Penulisan artikel ini bertujuan mendeskripsikan proses perumusan SNI Pengujian kualitas udara menggunakan metode passive sampler.

Metode tersebut telah berkontribusi dalam aplikasi pemantauan kualitas udara di Indonesia. Data pemantauan yang diperoleh digunakan untuk mendapatkan status kualitas udara lokal di berbagai daerah, yang nantinya akan dihitung, diolah, dan dijadikan status berskala nasional melalui indeks standar pencemaran udara.

PSIKLH selaku sekretariat (Komtek) 13-03 telah bekerja efektif dan efisien sesuai ketentuan berlaku. Rangkaian proses penyusunan dan perumusan SNI tersebut berlangsung secara dinamis dan kolaboratif sehingga dalam waktu yang ditentukan telah berhasil menetapkan 2 SNI tentang SNI NO2 diterbitkan pada tanggal 22 Agustus 2023, sementara SNI SO2 pada 1 September 2023. Adapun judul SNI-nya adalah SNI 7119-16:2023 Udara Ambien-Bagian 16: Cara uji kadar gas sulfur dioksida (SO2) dengan metode difusi menggunakan kromatografi ion dan SNI 7119-17:2023 Udara Ambien-Bagian 17: Cara uji kadar gas nitrogen dioksida (NO2) dengan metode difusi menggunakan spektrofotometer.

 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

30-11-2023

Cara Mengutip

Lestari, R. (2023). DI BALIK LAYAR PERUMUSAN STANDAR NASIONAL INDONESIA (SNI) PEMANTAUAN KUALITAS UDARA BERBASIS PASSIVE SAMPLER. STANDAR: Better Standard Better Living, 2(6). Diambil dari https://majalah.bsilhk.menlhk.go.id/index.php/STANDAR/article/view/162