MEMANDU PEMULIHAN EKOSISTEM MANGROVE DENGAN MENGGUNAKAN STANDAR DI KABUPATEN INDRAMAYU

Penulis

  • Rahman Kurniadi Balai Penerapan Standar Instrumen Lingkungan Hidup dan Kehutanan Ciamis

Kata Kunci:

Mangrove, Indramayu, Pemulihan Ekosistem

Abstrak

Mangrove merupakan tegakan hutan yang dapat hidup di pesisir pantai. Keberadaannya sangat bermanfaat untuk mengatasi abrasi pantai.  Selain itu tegakan mangrove sangat bermanfaat untuk jasa lingkungan berupa penyimpanan karbon.  Oleh karena itu  tegakan  mangrove diharapkan dapat  berkontribusi dalam penurunan emisi pada program Forestry and Other Land Use (FOLU) Net Sink 2030.   Menurut Easteria et al (2022) tegakan karbon dapat menyimpan karbon sebesar  634,54 tonC/ha pada tegakan Rhizophora stylosa.  Penanaman mangrove digalakkan karena adanya potensi tersebut.

Manfaat lain dari hutan mangrove adalah wisata alam. Salah satu wisata alam hutan mangrove terdapat di karangsong, Kabupaten Indramayu.  Hutan mangrove tersebut banyak dikunjungi wisatawan lokal dan dari luar daerah.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

30-11-2023

Cara Mengutip

Kurniadi, R. (2023). MEMANDU PEMULIHAN EKOSISTEM MANGROVE DENGAN MENGGUNAKAN STANDAR DI KABUPATEN INDRAMAYU. STANDAR: Better Standard Better Living, 2(6). Diambil dari https://majalah.bsilhk.menlhk.go.id/index.php/STANDAR/article/view/174