STANDAR PERENCANAAN PEMBANGUNAN WILAYAH BERBASIS EKOSISTEM HUTAN TROPIS MENDUKUNG PEMBANGUNAN IKN

Penulis

  • Ahmad Gadang Pamungkas

Kata Kunci:

Ekosistem, Hutan Tropis, IKN, Ibu Kota, Standar Perencanaan

Abstrak

Konsep IKN sebagai Forest City dimana 50% dari wilayahnya dipertahankan sebagai areal berhutan merupakan kebijakan yang sejalan dengan karakteristik lokasi baru Ibu Kota Negara dan harus didukung. Kondisi areal berhutan diharapkan akan memberikan lingkungan yang nyaman, disamping merupakan wujud komitmen Indonesia atas berbagai isu lingkungan hidup dan kehutanan di level internasional.  Wujud dukungan tersebut di antaranya berupa ketersediaan standar instrumen yang menjamin berbagai praktek mulai perencanaan, pembangunan dan penggunaan sumberdaya alam yang berjalan effisien dan efektif, dengan tetap memperhatikan aspek kelestariannya.

Standar instrumen yang disusun diantaranya dapat bersumber dari hasil riset mengenai karakteristik habitat satwa liar sebagai referensi di dalam perencanaan, pembangunan dan penggunaan sumberdaya yang ada. Karakteristik habitat satwa liar akan memberikan informasi penting baik sebagai referensi hutan tropis maupun daya dukung dan daya tampung atas keberadaan populasi satwa liar yang masih ada.

Artikel lengkap tersedia pada link PDF

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

31-03-2022

Cara Mengutip

Gadang Pamungkas, A. (2022). STANDAR PERENCANAAN PEMBANGUNAN WILAYAH BERBASIS EKOSISTEM HUTAN TROPIS MENDUKUNG PEMBANGUNAN IKN. STANDAR: Better Standard Better Living, 1(2), 17–21. Diambil dari https://majalah.bsilhk.menlhk.go.id/index.php/STANDAR/article/view/24