PERAN PEMERINTAH KABUPATEN BULUKUMBA DALAM MENDUKUNG PROGRAM KAMPUNG IKLIM

Penulis

  • Rini Purwanti Balai Penerapan Standar Instrumen LHK Makassar
  • Yuliantoro Balai Penerapan Standar Instrumen LHK Makassar
  • Albert Balai Penerapan Standar Instrumen LHK Makassar
  • Arman Balai Penerapan Standar Instrumen LHK Makassar

Kata Kunci:

Kampung Iklim, ProKlim

Abstrak

Program Kampung Iklim (ProKlim) adalah program lingkup nasional yang dikelola oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dalam rangka meningkatkan keterlibatan masyarakat dan pemangku kepentingan lain untuk meningkatkan ketahanan iklim, menurunkan emisi atau meningkatkan serapan Gas Rumah Kaca (GRK) serta memberikan pengakuan terhadap upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim yang telah dilakukan yang dapat meningkatkan kesejahteraan di tingkat lokal sesuai dengan kondisi wilayah.

Kampung Iklim adalah lokasi yang berada di wilayah administratif paling rendah setingkat rukun warga atau dusun dan paling tinggi setingkat kelurahan atau desa, atau wilayah yang masyarakatnya telah melakukan upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim secara berkesinambungan.  ProKlim dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman mengenai perubahan iklim dan dampak yang ditimbulkannya sehingga seluruh pihak terdorong untuk melaksanakan aksi nyata yang dapat memperkuat ketahanan masyarakat menghadapi perubahan iklim serta memberikan kontribusi terhadap upaya pengurangan emisi GRK. Komponen kegiatan ProKlim ini meliputi upaya adaptasi, mitigasi dan aspek yang mendukung keberlanjutan pelaksanaan pengendalian perubahan iklim di tingkat lokal.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

30-11-2022

Cara Mengutip

Purwanti, R., Yuliantoro, I., Donatus Mangopang, A., & Hermawan, A. (2022). PERAN PEMERINTAH KABUPATEN BULUKUMBA DALAM MENDUKUNG PROGRAM KAMPUNG IKLIM. STANDAR: Better Standard Better Living, 1(6), 27–30. Diambil dari https://majalah.bsilhk.menlhk.go.id/index.php/STANDAR/article/view/74