Laksmi Dhewanthi, Mengawal Diplomasi Lingkungan dan Keberlanjutan Iklim dalam helatan G20

Penulis

  • Laksmi Dewanthi

Abstrak

Indonesia untuk pertama kalinya memegang Presidency Group of 20 (G20), sebuah forum kerjasama yang merepresentasikan kekuatan ekonomi dan politik dunia. Indonesia menjadi satu-satunya negara ASEAN di kelompok G20 ini bersanding dengan Afrika Selatan, Amerika Serikat, Arab Saudi, Argentina, Australia, Brasil, India, Inggris, Italia, Jepang, Jerman, Kanada, Meksiko, Republik Korea, Rusia, Perancis, Tiongkok, Turki, dan Uni Eropa.

Indonesia tidak hanya sekedar  tuan rumah, tapi Indonesia yang memegang tampuk presidensi. Indonesia memimpin seluruh agenda G20 pada tahun 2022. Ini merupakan kali pertama Indonesia sekaligus kali pertama negara berkembang memegang tampuk presidensi G20. Indonesia satu-satunya negara di ASEAN yang menjadi anggota G20. Kesempatan menjadi Presidensi G20 ini menjadi momen penting karena Indonesia terus menerus berkomitmen untuk berkontribusi dalam agenda-agenda lingkungan hidup global.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

30-09-2022

Cara Mengutip

Dewanthi, L. (2022). Laksmi Dhewanthi, Mengawal Diplomasi Lingkungan dan Keberlanjutan Iklim dalam helatan G20. STANDAR: Better Standard Better Living, 1(5), 44–48. Diambil dari https://majalah.bsilhk.menlhk.go.id/index.php/STANDAR/article/view/75