Standar dan Instrumen dalam Tindak Lanjut G20 Sektor Lingkungan dan Perubahan Iklim

Penulis

  • Laksmi Dewanthi

Kata Kunci:

G20, perubahan iklim, Lingkungan

Abstrak

Dalam helatan G20 sektor lingkungan hidup dan keberlanjutan iklim, Indonesia sukses menyelenggarakan seri Pertemuan Deputi Lingkungan dan Kelompok Kerja Keberlanjutan Iklim negara-negara anggota G20 atau Environment Deputies Meeting and Climate Sustanability Working Group  (G20 EDM-CSWG) dan satu kali Pertemuan Para Menteri Lingkungan Hidup dan Iklim G20 atau Joint Environment and Climate Ministers Meeting (JECMM).

G20 EDM-CSWG diharapkan dapat mendukung dua dari tiga agenda utama, yaitu agenda pertama dan ketiga. Berangkat dari mandat tersebut, maka EDM-CSWG menetapkan beberapa isu-isu.  

Ada tiga isu prioritas yang ditetapkan Indonesia dan ketiga isu tersebut didukung sepenuhnya oleh negara G20 dan negara undangan. Ketiga isu tersebut yaitu:  1) Supporting more sustainable recovery atau mendukung pemulihan yang berkelanjutan, 2) Enhancing land-and sea-based actions to support environment protection and climate objectives, bagaimana kita mendorong dan mempercepat Peningkatan aksi berbasis lahan maupun  lautan untuk mendukung perlindungan lingkungan hidup dan perubahan iklim, dan 3) Enhancing resource mobilization to support environment protection and climate objectives yaitu bagaimana mendorong atau meningkatkan mobilisasi sumber daya untuk mendukung agenda perlindungan lingkungan hidup dan perubahan iklim.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

30-09-2022

Cara Mengutip

Dewanthi, L. (2022). Standar dan Instrumen dalam Tindak Lanjut G20 Sektor Lingkungan dan Perubahan Iklim. STANDAR: Better Standard Better Living, 1(5), 1–3. Diambil dari https://majalah.bsilhk.menlhk.go.id/index.php/STANDAR/article/view/76