VALIDASI STANDAR JASA LINGKUNGAN DAN KEANEKARAGAMAN HAYATI DI KHDTK CIKAMPEK SEBAGAI BASE STANDAR HUTAN KOTA

Penulis

  • imam muslimin Balai Penerapan Standar Instrumen Lingkungan Hidup dan Kehutanan Palembang

Abstrak

Pengelolaan hutan berkelanjutan sangat terkait erat dengan keberlangsungan ekosistem hutan yang lestari, dimana salah satu indikator kelestarian ekosistem hutan adalah terpeliharanya keanekaragaman hayati di dalam kawasan hutan. Selain potensi keanekaragaman hayati, seiring dengan fenomena perubahan iklim global, hutan memegang peranan penting sebagai cadangan karbon untuk menurunkan tingkat emisi global.

KHDTK Cikampek mampu memberikan fungsi keanekaragaman hayati (Biodiversity), sumbangan karbon yang setara dengan hutan primer, fungsi hidrologi, fungsi sosial ekonomi masyarakat, fungsi jasa budaya dari jenis yang dikembangkan, fungsi etnobotani jenis penyusun dan fungsi hutan sebagai penyedia jasa kesehatan bagi masyarakat sekitar sebagai bahan data dan informasi rumusan standar Hutan Kota untuk mendukung program pembangunan IKN secara khusus dan pembangunan serta pengelolaan Hutan Kota di Kota/ Kabupaten pada umumnya.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

31-01-2023

Cara Mengutip

muslimin, imam. (2023). VALIDASI STANDAR JASA LINGKUNGAN DAN KEANEKARAGAMAN HAYATI DI KHDTK CIKAMPEK SEBAGAI BASE STANDAR HUTAN KOTA. STANDAR: Better Standard Better Living, 2(1), 7–12. Diambil dari https://majalah.bsilhk.menlhk.go.id/index.php/STANDAR/article/view/104