Mengawal Diplomasi Standar LHK tingkat ASEAN

Penulis

  • Ary Sudijanto

Kata Kunci:

Diplomasi, ASEAN, Standar

Abstrak

Tahun 2023, keketuaan ASEAN dipercayakan kepada Indonesia. Peran sebagai ketua ASEAN,  Indonesia berkomitmen untuk memajukan agenda ASEAN dengan tema “ASEAN Matters: Epicentrum of Growth.” Indonesia juga bertekad untuk menjaga relevansi ASEAN dan memperkuat kapasitasnya untuk mengatasi tantangan multidimensi, termasuk isu lingkungan, untuk memberi manfaat bagi masyarakat dan mencapai pembangunan berkelanjutan.

Bersamaan dengan Keketuaan Indonesia pada ASEAN 2023, tahun ini Indonesia juga ditunjuk sebagai tuan rumah pertemuan 34th ASEAN Senior Officials on the Environment and Related Meetings (ASOEN ke-34), yaitu pertemuan para pejabat senior ASEAN untuk lingkungan. Hal ini merupakan momentum bagi Indonesia untuk menunjukan eksistensi kepemimpinannya dalam kerja sama politik keamanan, ekonomi, dan sosial budaya dengan mendorong isu-isu prioritas yang sejalan dengan kepentingan nasional dan diharapkan dapat menghasilkan capaian monumental.

Kepala Badan Standardisasi Instrumen Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BSILHK), sebagai ASOEN Chair Indonesia menjadi Ketua Panitia Penyelenggara pertemuan ASOEN ke-34 dilaksanakan selama lima hari pada 31 Juli – 4 Agustus 2023 dengan sembilan rangkaian pertemuan. Selain itu Kepala BSILHK juga menjadi anggota delegasi Indonesia pada 17rd ASEAN Ministerial Meeting on Environment (AMME), 18th Conference of the Parties (COP) ASEAN Agreement for Transboundary Haze Pollution (COP-AATHP) dan Ministerial Steering Committee on Transboundary Haze Pollution (MSC on THP) di Lao PDR pada 22-24 Agustus 2023.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

30-09-2023

Cara Mengutip

Sudijanto, A. (2023). Mengawal Diplomasi Standar LHK tingkat ASEAN . STANDAR: Better Standard Better Living, 2(5), 54–57. Diambil dari https://majalah.bsilhk.menlhk.go.id/index.php/STANDAR/article/view/167