SENARAI

Penulis

  • Sekretariat Redaksi Majalah Standar

Abstrak

Tahun 2023 adalah tahun keketuaan Indonesia di ASEAN. Indonesia berkomitmen untuk memajukan agenda ASEAN dengan tema “ASEAN Matters: Epicentrum of Growth."

BSILHK terlibat dalam diplomasi tingkat ASEAN terkait lingkungan hidup dan kehutanan. BSILHK patut berbangga sukses menjadi host 34th ASEAN Senior Officials on the Environment and Related Meetings (ASOEN ke-34). Berbagai deliverables diinisiasi untuk memanfaatkan momentum. Leading by example, menjadi ambisi kepemimpin Indonesia dengan memberikan contoh-contoh keberhasilan pengelolaan lingkungan.


Kepala BSILHK sebagai ASOEN Chair Indonesia, selain sebagai Ketua Penyelenggara ASOEN ke-34, juga menjadi anggota delegasi pertemuan penting tingkat menteri yaitu 17rd ASEAN Ministerial Meeting on Environment (AMME ke-17) dan beberapa pertemuan penting lainnya di Lao PDR, pada 22-24 Agustus 2023 lalu.


Bagaimana BSILHK mengawal diplomasi Standar LHK tingkat ASEAN? Hal tersebut diungkap Ary Sudijanto, Kepala BSILHK dalam wawancara Tim Redaksi Majalah Standar Vol. 2 No. 5 Tahun 2023.


Berbagai isu lingkungan dibahas dalam diplomasi ASEAN, antara lain isu circular economy, yang dibahas di dua pilar masyarakat ASEAN, yaitu pilar ekonomi dan pilar sosial budaya. Hal tersebut menyiratkan urgensi inklusifitas ekonomi sirkular dalam pilar-pilar masyarakat ASEAN. Lantas bagaimana wahana ekonomi sirkular di ASEAN, tantangan dan peluang bagi kepemimpinan Indonesia? Menarik bukan untuk dikupas?

Edisi kali ini juga menyajikan tulisan-tulisan tentang stadardisasi yaitu “Penerapan standar pengembangan RTH; Standar pemanfaatan limbah FABA; Pemantauan Kualitas Udara dengan sensor berbiaya murah; serta opini-opini lainnya terkait peran BPSILHK ditingkat tapak.

Penerapan standardisasi pembuatan arang tempurung kelapa di Sulawesi Utara menjadi cerita menarik dari tapak. Asistensi penerapan standar pembuatan arang mengawal agar usaha pengolahan tempurung kelapa lewat pembakaran yang dilakukan masyarakat ramah terhadap lingkungan dan dapat memenuhi baku mutu emisi.

Pemanfaatan tempurung kelapa yang merupakan limbah dari industri pengolahan kelapa di Sulawesi Utara menjadi berkah bagi masyarakat. Standar membantu memudahkan proses, sistem dan meningkatkan kualitas.

 

Selamat membaca,
Salam Redaksi

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

30-09-2023

Cara Mengutip

Majalah Standar, S. R. (2023). SENARAI. STANDAR: Better Standard Better Living, 2(5). Diambil dari https://majalah.bsilhk.menlhk.go.id/index.php/STANDAR/article/view/170