SENARAI

Penulis

  • Sekretariat Redaksi Majalah Standar

Abstrak

Pertemuan Perubahan Iklim 28 - COP28 Dubai menjadi  ajang perjuangan diplomasi Indonesia untuk mewujudkan target yang telah ditetapkan,   menghasilkan keputusan-keputusan yang tepat serta   menunjukan komitmennya  sebagai negara pihak Paris Agreement  melalui National Determined Contribution (NDC) 2020 -2030.

Bagaimana peran standar sebagai faktor pemungkin  dalam mendukung target NDC dan bagaimana persiapan diplomasi Indonesia dalam COP28 ?  Tim Redaksi Majalah Standar melakukan wawancara dengan Dr. Nur Masripatin, Penasehat Senior Menteri Bidang Perubahan Iklim dan Konvensi  Internasional yang juga berpengalaman sebagai  negosiator dalam mengawal diplomasi dan kepentingan Indonesia di COP Perubahan Iklim.

Sejalan dengan hal tersebut, BSILHK juga tengah menyusun peta jalan standardisasi 2024-2034, termasuk didalamnya dalam mendukung reduksi emisi GRK lebih cepat melalui pemenuhan kebutuhan   standar  dan penerapannya.

Majalah standar: Better Standard Better Living Vol. 22 No 6,  juga menyajikan artikel-artikel menarik terkait penerapan standar di tingkat tapak  yang dapat mendukung penurunan emisi.

Penerapan standar  tersebut dilakukan baik dibidang industri oleh  para pelaku usaha, maupun dalam pengelolaan sumberdaya alam oleh instansi pemerintah dan masyarakat. Diantarnya artikel tentang penerapan standar Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) oleh pelaku usaha di Makasar-Sulawesi Selatan; penerapan standar dalam  pemulihan ekosistem mangrove di Indramayu-JawaBarat;  penerapan standar dalam  pengelolaan perhutanan sosial, dll.

Pemantauan penerapan standar di tingkat tapak tersebut  meneguhkan  jati diri BSILHK, yang berperan tidak hanya memproduksi standar namun juga memastikan bahwa standar tersebut digunakan  dan diterapkan sebagai upaya  perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup dan sumberdaya alam berkelanjutan

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

30-11-2023

Cara Mengutip

Majalah Standar, S. R. (2023). SENARAI. STANDAR: Better Standard Better Living, 2(6). Diambil dari https://majalah.bsilhk.menlhk.go.id/index.php/STANDAR/article/view/165