SENARAI

Penulis

  • Sekretariat Redaksi Majalah Standar

Kata Kunci:

senarai

Abstrak

“The task of the modern educator is not cut down jungles,but to irrigate desert” (C.S. Lewis, 2009)."


“Tugas pendidik modern bukan untuk menebang hutan belantara, tetapi untuk mengairi padang pasir”. Adalah ungkapan pemantik bagi para pendidik untuk dapat menciptakan proses pembelajaran kreatif dan inovatif. Pun bagi rimbawan sebagai garda terdepan dalam mendidik dan membangun kesadaran serta kepedulian masyarakat terhadap keberadaan dan keberlanjutan hutan, termasuk keberlangsungan sumber daya air, seyogyanya dilakukan secara inovatif dan kreatif, tidak sekedar business as usual.

Apa yang telah dilakukan oleh Kementerian LHK dalam mempromosikan kesadaran akan pentingnya air bersih dan pengelolaan daerah aliran sungai (DAS)? Redaksi majalah standar mengungkap dalam rubrik tokoh, hasil wawancara tertulis dengan Dyah Murtiningsih, Direktur Jenderal Pengelolaan DAS dan Rehabilitasi Hutan KLHK sebagai pengampu dalam menyelenggarakan perumusan dan pelaksanaan kebijakan di bidang peningkatan daya dukung DAS & rehabilitasi hutan dan lahan (RHL) .

Majalah standar: Better standard better living edisi Vol. 3 No. 2 tahun 2024 mengangkat tema “Hutan untuk Air”, sejalan dengan tema selebrasi KLHK di bulan Maret yaitu Hari Bakti Rimbawan, Hari Strategi Konservasi Sedunia (6 Maret), Hari Hutan Internasional (21 Maret) dan Hari Air Sedunia (22 Maret).
Berkaitan dengan pengelolaan hutan, ditengarai bahwa sektor kehutanan mengalami turbulensi. Permasalahan kunci, seperti kebakaran hutan, asap lintas batas negara, deforestasi, konflik tenurial, illegal logging, pengelolaan lahan gambut, perizinan, dan permasalahan mengenai akses kelola hutan serta penyelesaian persoalan masyarakat dan wilayah adat menjadi sorotan utama. Bagaimana KLHK menanggulangi tantangan tersebut ? Akan disajikan dalam Rubrik Kebijakan.

Berbagai artikel menarik lainnya dapat disimak baik di Rubrik Standardisasi maupun Rubrik Ide/Opini, diantaranya adalah “Penerapan standar agroforestry pada sistem pengelolaan lahan”. Diketahui bahwa agroforestry merupakan bagian dalam mendukung RHL dan pemulihan DAS. Agroforesty juga mendukung multi usaha kehutanan yang salah satunya dilakukan oleh masyarakat melalui perhutanan sosial. Pendampingan dan fasilitasi penerapan standar agroforestry kepada masyarakat menjadi program strategis sebagai bakti rimbawan untuk tanah air, untuk bangsa..


Selamat membaca,
Salam Redaksi

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

31-03-2024

Cara Mengutip

Majalah Standar, S. R. (2024). SENARAI. STANDAR: Better Standard Better Living, 3(2). Diambil dari https://majalah.bsilhk.menlhk.go.id/index.php/STANDAR/article/view/212