SENARAI

Penulis

  • Admin Majalah Standar

Abstrak

Tahun Baru,  Semangat Baru, Resiliensi Baru

Adalah  topik utama Majalah Standar: Better standard better living, yang  tepat pada bulan Januari 2023 ini memasuki tahun kedua. Semoga majalah standar terus bertumbuh dan memberi manfaat untuk perkembangan standardisasi lingkungan hidup dan kehutanan.

Sedangkan bagi BSILHK, tahun 2023 merupakan tahun perdana untuk  bekerja dengan kecepatan penuh setelah masa transisi berakhir.  Saat ini KLHK sedang melakukan percepatan penyelesaian persetujuan lingkungan dalam  peningkatan iklim usaha dan investasi sebagai mandat dari undang-undang cipta kerja. Bagaimana peran strategis BSILHK, optimisme  dan harapan ke depan ?  akan  diungkap oleh Ary Sudjijanto, Kepala BSILHK sekaligus Ketua Satgas Transisi Percepatan Persetujuan Lingkungan dalam rubrik wawancara Majalah Standar Vol. 2 No. 1 tahun 2023.

Masih dalam bagian langkah strategis percepatan persetujuan lingkungan, Transformasi standar voluntary ke mandatory menjadi sebuah keharusan. Hal tersebut dapat disimak dalam rubrik Fokus Kebijakan. Artikel lainnya dalam rubrik ini adalah Merintis sistem standardisasi tata kelola sampah ekektronik (e-waste) pemerintah. Disatu sisi e-waste mengandung bahan berbahaya beracun B3, disisi lain mengadung material berharga.

Rubrik Standardisasi LHK, akan menampilan Validasi standar jasa lingkungan, Standar pembalakan rendah karbon (RIL-C), Mengenal peralatan tangan pemadam kebakaran, dan Penerapan standardisasi dalam mendukung kompetensi GANISPH. Rubrik Ide dan Opini menampilkan artikel terkait  agroforestri, ketahanan pangan serta artikel tentang pengelolaan arsip.

Cerita tapak kali ini akan bercerita  tentang hutan mangrove sebagai rumah dan mata pencaharian. Pemanfaatan mangrove bagaikan dua mata pisau, disatu sisi dapat berdampak pada kerusakan kawasan mangrove apabila tidak dikelola dengan baik disisi lain dapat memberikan manfaat bagi masyarakat.    

Semoga tahun 2023 dan kedepan  BSILHK pun dapat menebar lebih banyak manfaat, membawa  semangat  dan optimisme untuk dapat memberikan yang terbaik. Optimis bahwa BSILHK  bisa. Lebih mampu dari apa yang diduga. Lebih kuat dari  rintangan yang ada.  Selamat memasuki tahun 2023.

 

Selamat membaca,

Salam

Redaksi

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

31-01-2023

Cara Mengutip

Majalah Standar, A. (2023). SENARAI. STANDAR: Better Standard Better Living, 2(1). Diambil dari https://majalah.bsilhk.menlhk.go.id/index.php/STANDAR/article/view/108