Pelaku Industri dalam Pengendalian Emisi dan Standardisasi

Penulis

  • Dodi Frianto BPSILHK Kuok
  • Eko Sutrisno Balai Penerapan Standar Instrumen LHK Kuok
  • Agus Wahyudi Balai Penerapan Standar Instrumen LHK Kuok

Kata Kunci:

Industri, emisi, Polusi

Abstrak

Industri merupakan salah satu sektor terpenting dalam perekonomian Indonesia yang memberikan kontribusi bagi pertumbuhan dan perkembangan negara. Namun, perkembangan industri juga menimbulkan masalah lingkungan yang serius, yang terutama terkait dengan emisi polusi. Emisi industri seperti gas buang, limbah cair dan limbah padat dapat menyebabkan pencemaran udara, air dan tanah serta mempengaruhi kualitas lingkungan secara keseluruhan.

Dampak negatif dari pencemaran industri sangat beragam dan meliputi kerusakan ekosistem, penurunan kualitas udara yang mempengaruhi kesehatan manusia, dan perubahan iklim global. Mengurangi emisi industri sangat penting untuk menjaga lingkungan yang sehat dan berkelanjutan serta mendukung kualitas hidup yang lebih baik bagi manusia.

Dampak negatif dari pencemaran lingkungan yang dilakukan oleh Industri yang tidak bertanggungjawab tidak hanya membahayakan lingkungan, tetapi juga mempengaruhi kesehatan masyarakat. Peningkatan penyakit pernapasan, kulit dan sistem saraf yang terkait dengan paparan polusi industri telah menjadi masalah kesehatan masyarakat yang serius. Untuk mengatasi masalah lingkungan dan mencapai pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan, pemerintah Indonesia berupaya mengurangi emisi polutan dari berbagai sektor industri.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

30-09-2023

Cara Mengutip

Frianto, D., Sutrisno, E., & Wahyudi, A. (2023). Pelaku Industri dalam Pengendalian Emisi dan Standardisasi. STANDAR: Better Standard Better Living, 2(5), 41–44. Diambil dari https://majalah.bsilhk.menlhk.go.id/index.php/STANDAR/article/view/172