STRATEGI KEBIJAKAN PENGELOLAAN SAMPAH TERPADU BERBASIS MODERNISASI DI IKN

Penulis

  • Asef Kurniyawan Hardjana Balai Besar Pengujian Standar Instrumen Lingkungan Hidup Samarinda
  • Mirna Aulia Putri Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur

Kata Kunci:

Sampah, Pengelolaan sampah

Abstrak

Strategi pengelolaan sampah komprehensif penting bagi pembangunan berkelanjutan Ibu Kota Negara Indonesia (IKN), dengan fokus pada studi kasus di Kota Balikpapan. Tujuannya adalah untuk mengkaji bagaimana IKN Nusantara, yang dicita-citakan sebagai kota berkelanjutan, mengedepankan pelestarian lingkungan, dengan 75% kawasan hijau dan rencana induk yang menyeimbangkan ekologi alam, kawasan terbangun, dan sistem sosial yang ada. Pendekatan yang digunakan berupa kajian pembahasan persampahan sebagai isu penting dalam pembangunan berkelanjutan, dengan mengacu pada Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2022 yang menekankan pengolahan sampah berdasarkan prinsip ekonomi sirkular. Kota Balikpapan yang merupakan kota penyangga IKN menjadi percontohan pengelolaan sampah yang efektif dengan menerapkan peraturan daerah yang mengutamakan kawasan lindung, kesadaran masyarakat, dan program pengurangan sampah yang inovatif.

 Studi yang dilakukan adalah menekankan perlunya rencana induk pengelolaan sampah terpadu di IKN yang mengkaji lima aspek penting: regulasi, kelembagaan, pendanaan, sosial budaya, dan teknologi. Mengeksplorasi solusi teknologi, seperti teknologi termal dan Sistem Pengumpulan Sampah Otomatis (AWCS), sebagai alat pragmatis untuk pengurangan sampah dan produksi energi di IKN dari sebuah teknologi pengelolaan sampah modern, menawarkan alternatif yang efisien, bebas bau, dan ramah lingkungan dibandingkan sistem pengumpulan sampah konvensional. Hasil yang diperoleh dapat menjadi rekomendasi praktis bagi pengelola IKN untuk menetapkan kerangka pengelolaan limbah berkelanjutan, meningkatkan kesehatan lingkungan, pertumbuhan ekonomi, dan kelayakan hidup secara keseluruhan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

31-01-2024

Cara Mengutip

Hardjana, A. K., & Aulia Putri, M. (2024). STRATEGI KEBIJAKAN PENGELOLAAN SAMPAH TERPADU BERBASIS MODERNISASI DI IKN. STANDAR: Better Standard Better Living, 3(1), 23–27. Diambil dari https://majalah.bsilhk.menlhk.go.id/index.php/STANDAR/article/view/188